google-site-verification: google69a94cdeb4b83c2f.html

Mar 15, 2017

MENGATASI MINUS MATA YANG TINGGI DENGAN OPERASI PHACO (1)

Mudah-mudahan postingan blog ini berguna : dapat menginspirasi sekaligus memberikan informasi dan semangat buat siapa saja yang mengalami hal / masalah dengan saya alami....

Postingan ini sebelumnya saya tulis di "note" smartphone saya sebagai catatan perjalanan pengobatan dan perawatan yang saya alami....saya posting dalam beberapa postingan....

Awalnya saya hanya ingin richeck untuk pemeriksaan mata ke BKMOM. Setelah teman yang kerja di Poli Mata RSU mengajak untuk pemeriksaan mata secara lebih mendetail. Mata minus menrupakan masalah yang sudah saya alami semenjak memakai kacamata pada saat SMA kelas 2. Masalah mata kabur yang saya alami sebenarnya sudah lama, semenjak lulus SD namun masih bisa diatasi dengan duduk di uutan paling depan dalam kelas.

Mata kabur atau minus atau myopia merupakan masalah ketidakmampuan membaca jarak jauh. Penyebabnya adalah kemampuan lensa yang tak mampu ‘menyampaikan’ pesan visual. Masalah ini dapat dialami oleh siapa saja, anak anak sampai dewasa, laki dan perempuan.

Pada pemeriksaan awalnya, kadar minus mata sebelah kiri adalah minus 11 dan sebelah kanan minus 10. Ini artinya ada ‘peningkatan’ kadar minus pada kedua mata yang pada pemeriksaan terakhir sekitar 9 tahun yang lalu (hehehe....sejujurnya takut takut sedap deh klo periksa mata setiap tahun....) Bahkan mata yang sebelah kiri sudah ada ‘teman baru’ nya: kadar plus dan kadar silinder.

Melihat hasil pemeriksaan teman di poli mata ini, saya disarankan untuk melakukan pemeriksaan lanjut ke BKMOM, sebagai instansi pemerintah yang berkompeten dalam mengatasi masalah mata. Saya terima, mumpung menerima pasien BPJS juga....

Agak siang, kantor sudah berkurang kerjaan. Meluncurlah saya ke BKMOM, tanya tanya sama resepsionist nya yang sedang santai juga. Naaah...sewaktu saya operasi di BKMOM, ternyata meja resepsionis ini sudah tidak ada lagi...eh dibelakangnya ternyata ada toilet umum.....

Ternyata saya datang pas jam istirahat siang mereka....kalo mau kembali setelah jam 2 siang...atau lebih baik besok pagi saja sambil bawa surat rujukan dari FasYankes tingkat pertama, karena setelah dapat informasi...lebih baik dengan memakai BPJS. Oke deh...terima kasih infonya....

Setelah dapat surat rujukan dari dokter keluarga BPJS ke BKMOM.....
Pas datang yang perlu disiapkan adalah :

a.       Surat rujukan dokter/FasYankes Tkt I ke BKMOM; difotocopy beberapa lembar untuk keperluan        selanjutnya. Catatan : surat rujukan ini berlaku selama 1 bulan.

b.      Fotocopy kartu BPJS.

c.       Kartu Berobat (Jika pertama kali berobat ke BKMOM, kita akan diberi kartu tsb)

 


......bersambung yaaaa......

No comments:

Post a Comment